5 Solusi Tepat Mengatasi Keterbatasan Modal Dengan Cara Pintar

 

 

Bagi para pelaku UMKM, modal merupakan salah satu elemen penting untuk menjaga kelangsungan usaha yang tengah dijalankan. Namun, sulit menambah modal merupakan salah satu permasalahan utama yang kadang menjadi hambatan.


Akan tetapi, jika mampu disiasati dengan baik maka permasalahan sulit menambah modal dapat segera diatasi. Berikut 5 Solusi Tepat Mengatasi Keterbatasan Modal Dengan Cara Pintar :

 

1. Mencari Investor Baru

 

Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan sulit menambah modal adalah dengan mencari investor baru. Para investor yang handal biasanya berkumpul menjadi satu pada sebuah pameran bisnis. Karena itu, rajin mengikuti pameran bisnis merupakan salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan investor yang potensial.
 
Namun, pelaku bisnis pun harus mempersiapkan proposal, materi presentasi serta cara penyampaian yang tepat. Dengan persiapan yang matang, Investor tentu akan lebih tertarik terhadap usaha yang sedang anda jalankan saat ini. 
 
Meskipun mendapat perhatian dari Investor, sebaiknya Anda juga harus selektif terhadap penawaran dari investor tersebut. Ketahuilah, model bisnis yang sesuai, jumlah modal yang usaha Anda butuhkan serta tahapan modal yang ditawarkan.
 

2. Mengikuti Acara Kompetisi 

 

Solusi untuk mengatasi permasalahan sulit menambah modal lainnya adalah dengan rajin mengikuti kompetisi bagi para pelaku UMKM. Kompetisi bagi UMKM biasanya diselenggarakan oleh pemerintah, perusahaan swasta atau foundation.

Kompetisi ini tak hanya menyediakan hadiah berupa modal mulai dari jutaan hingga ratusan juta namun juga mampu meningkatkan jiwa kompetitif bagi para pelaku usaha itu sendiri. Selain itu, kompetisi mampu meningkatkan brand awareness dari usaha tersebut sehingga bukan hal yang mustahil jika penjualan pun ikut meningkat.


3. Ikut Pelatihan UMKM

 

Pelatihan UMKM ternyata tidak hanya baik diikuti oleh pemula, namun juga pelaku usaha yang telah lama menggeluti bidang ini. Dengan mengikuti pelatihan ini, para pelakunya UMKM dapat meningkatkan produktivitas , keterampilan serta memperbaiki sistem manajerial yang sedang berjalan.
 
Tak hanya bagi pemilik usaha, pelatihan ini juga bermanfaat bagi karyawan UMKM tersebut. Dengan peningkatan ketrampilan makan produktivitas serta resiko kerja menjadi terkontrol dengan baik.
 
Jika kualitas dan jumlah produksi meningkat, maka bukan hal mustahil jika investor akan datang dengan sendirinya. Selain itu omzet yang terus meningkat juga dapat meningkatkan pendapatan sehingga permasalahan sulit menambah modal dengan mudah dapat terselesaikan.
 

4. Menerapkan Sistem Pre – Order

 

 
Bagi UMKM sistem penjualan secara Pre – Order terkesan asing dan kurang familiar. Sistem ini cukup efektif dilakukan sebagai solusi atas permasalahan sulit menambah modal. Baik secara online maupun offline, pembeli dapat membayar barang yang dipesan secara langsung maupun dengan jaminan uang muka.

Namun, sistem penjualan dengan metode ini memiliki beberapa resiko yang harus diwaspadai. Pertama, pelaku usaha harus menjamin barang yang diproduksi dapat selesai tepat waktu. Kedua, perhitungan produksi harus tepat jangan sampai ada perubahan harga saat barang mulai diproduksi. Karena konsumen tidak akan mau jika ada perubahan harga melebih kesepakatan awalnya.

5. Mengajukan Permodalan Lunak Secara Online

 

 
Bagi UMKM permasalahan sulit menambah modal harus dapat diselesaikan dengan baik agar keberlangsungan usaha tetap terjamin. Alih – alih mengajukan pinjaman di bank dengan agunan, kini beberapa platform marketplace seperti https://99usahaku.telkomsel.com/ menyediakan program permodalan.

Ikut serta mendukung perkembangan usaha para pelaku UMKM, platform https://99usahaku.telkomsel.com/ bekerjasama dengan BNI , Julo serta BSI. Permodalan tersebut diperuntukkan pelaku usaha kecil yang aktif melakukan jual beli.

Pelaku UMKM tak perlu risau, karena https://99usahaku.telkomsel.com/ terbukti amanah dengan menawarkan permodalan hinga ratusan juta dengan margin profit hingga 0.5% setiap bulannya.

Nah, sudah tidak bingung lagi khan dengan permasalahan sulit menambah modal bagi usaha UMKM anda. Tak hanya pemerintah, berbagai platform marketplace pun ikut serta membantu mencari solusi atas permasalahan ini.

Jika Anda tertarik untuk mendapat permodalan dengan syarat yang mudah dan terpercaya, segera kunjungi website https://99usahaku.telkomsel.com/ kemudian isi formulir serta ikuti semua syarat serta ketentuan yang berlaku. Selamat mencoba!


 



Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama
ARTIKEL TERKAIT