Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puasa Sebentar Lagi, Ini 9 Stok Bahan Baku Yang Wajib Ada di Warungmu

 

Pic by Pixabay

Tepat pada awal bulan April tahun 2022 ini, Umat Islam se- Indonesia akan memasuki bulan Puasa. Seperti tahun – tahun sebelumnya, menjelang ibadah puasa diperlukan persiapan baik dari bathin hingga 9 kebutuhan pokok dalam rumah tangga.


Alih – alih belanja dengan jumlah yang banyak di supermarket besar, biasa nya ibu rumah tangga lebih memilih mencukupi kebutuhan dapur dengan belanja harian di warung terdekat. Nah, jika anda seorang pengusaha warung kelontong sebaiknya segera mencukupi stok bahan baku menjelang bulan puasa ini.


Berikut 9 bahan baku yang wajib ada di warungmu untuk mengantisipasi permintaan konsumen yang meningkat!

Minyak Goreng 

Pic by Pixabay

Salah satu kebutuhan yang wajib ada di dapur adalah minyak goreng. Meskipun beberapa saat yang lalu minyak sempat langka di pasaran, namun kini stoknya telah tersedia meskipun dengan harga non subsidi.


Jika pada sebelumnya harga minyak goreng berada pada kisaran Rp. 14.000 per liter kini harga minyak kemasan dibanderol di angka Rp. 23.000 sampai Rp. 28.000 per liternya. Namun, untuk warung kelontong sebaiknya tidak hanya menyediakan kemasan besar akan tetapi dapat juga menambah stok minyak goreng dengan ukuran 250ml, 500 ml dan 750ml.

Gula Pasir 

 
Pic by Pixabay

Gula pasir bahan baku yang wajib tersedia di warung mu menjelang bulan puasa. Salah satu alasannya dikarenakan tradisi masyarakat Indonesia yang suka berbuka dengan makanan manis. Beberapa contoh makanan yang membutuhkan banyak gula seperti kolak, es buah, pudding , dan bahkan kue tradisional.


Anda dapat menjual gula pasir dalam keadaan curah atau sudah dalam kemasan pabrik. Namun, pada umumnya masyarakat Indonesia lebih menyukai membeli dalam ukuran kecil karena penggunaannya akan lebih terkontrol.

Telur 


 

Dibanding dengan ayam maupun daging, telur adalah salah satu bahan pokok yang selalu dicari di warung kelontong. Berbeda dengan minyak yang dapat disimpan dalam waktu yang lama, telur masuk dalam kategori cepat busuk.


Karena itu, agar stok di warungmu selalu segar maka pastikan menyimpan telur dengan cara yang baik. Kemudian, jual telur dengan masa simpan terlama terlebih dahulu dibanding dengan telur yang baru datang. Bahkan, jika ingin mengurangi resiko maka anda dapat kulakan sedikit demi sedikit agar telur yang dijual selalu segar.

 

Frozen Food 


Dibanding menyetok bahan mentah seperti daging dan  ayam yang membutuhkan waktu pengolahan, ada baiknya sediakan Frozen Food di warungmu. Beberapa jenis Frozen Food yang dapat dijadikan alternatif pilihan adalah sosis, nugget, bakso, tahu bakso dan  ayam berbumbu.


Frozen food banyak dicari dikarenakan bisa disimpan dalam waktu yang lama, mudah dalam pengolahan dan harganya terjangkau. Jika anda ingin berjualan anda dapat juga bermitra dengan agen produk frozen food di kota anda.

 

Beras 

 


 

Satu lagi jenis bahan pokok yang tidak boleh terlewatkan di warungmu adalah beras. Seperti kita ketahui, beras adalah kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Karena itu, konsumsi beras dalam satu keluarga dapat mencapai 25-30 kg selama satu bulan.

Jika anda membuka usaha warung, beras merupakan komoditi jualan yang sangat menguntungkan. Karena itu ada baiknya anda mencari marketplace yang menyediakan grosir beras online dengan harga termurah.

Salah satu rahasia yang belum banyak pemilik usaha warung ketahui adalah 99% Usahaku kini telah menyediakan grosir beras online dari berbagai jenis dan ukuran.

Grosir beras online ini dikemas mulai dari ukuran 2 kg  sampai 15 kg dari berbagai merk pilihan. Jenisnya pun beraneka macam mulai dari beras merah, beras hitam, beras organik dan beras kualitas Bulog. 

 

Bahkan, menyambut bulan puasa ini, 99% Usahaku menawarkan banyak promo menarik, mulai dari diskon sebesar 10 % hingga pengiriman barang gratis di beberapa wilayah tertentu.
Susu 


Susu 

 


 

Susu juga dapat dikategorikan sebagai bahan baku yang banyak dicari untuk memenuhi kebutuhan menjelang bulan puasa. Tak hanya susu bubuk sebaiknya anda menyiapkan susu cair dengan berbagai jenis produk dan kemasan.


Susu cair biasanya disajikan untuk melengkapi santap sahur dengan roti, sereal maupun biskuit. Susu cair dapat disimpan di dalam kulkas maupun disajikan dalam keadaan netral. Masa simpan susu cair terbilang lebih singkat daripada susu bubuk, sehingga pastikan anda selalu memperhatikan masa kadaluarsanya.

Sarden dan Kornet 

 


 

Sajian sahur biasanya dibuat dengan bahan – bahan cepat saji dan mudah ditemukan. Namun, bahan baku yang dipilih tentu harus yang bergizi dan mampu menunjang aktivitas berpuasa seharian. Sarden dan kornet merupakan bahan makanan yang sangat cocok diolah saat sahur.


Masa simpan makanan kaleng ini pun berkisar antara 1 hingga 2 tahun, sehingga produk ini aman untuk dipajang di etalase warung anda dalam jangka waktu yang lama. Sarden dan kornet dapat dikombinasikan dengan bahan makanan lain seperti telur dan mie instan, sehingga jika anda menyediakan bahan tambahan lainnya tentu akan menambah keuntungan bagi usahamu.

 

Bumbu Masakan 

 

Meski tidak tergolong bahan baku, namun bumbu masakan seperti garam, lada dan kecap banyak dicari.
Bumbu masakan ini digunakan sebagai pelengkap saat memasak. Sediakan bumbu masakan dalam ukuran yang kecil (sachet) dan juga besar (botol).


Pastikan anda mengenali merk bumbu masakan apa saja yang paling banyak dibeli sehingga anda tidak perlu menyetok merk – merk yang jarang laku dijual.

Gas Elpiji 


 

Sama halnya dengan bumbu masakan, gas elpiji tidak tergolong sebagai bahan baku namun penting untuk menunjang aktivitas puasa. Dalam beberapa survei, masyarakat Indonesia 60 % masih menggunakan tabung gas elpiji berukuran 3 kg dan sisanya menggunakan dalam ukuran 12 kg.

Karena itu ada baiknya Anda lebih banyak menyediakan tabung gas elpiji berukuran 3 kg dibanding 12 kg. Saat ini harga tabung gas elpiji berada pada kisaran Rp. 20.000 s/d Rp. 145.000 di pasaran. Untuk gas elpiji berukuran 3 kg biasanya habis digunakan pada rentang waktu 1 minggu.

Nah, 7 dari Sembilan bahan baku diatas anda dapat menambah stok dengan berbelanja grosir secara online. 99% Usahaku tak hanya menyediakan grosir beras online tapi juga kebutuhan warung lainnya seperti gula, minyak goreng dan bumbu masakan.

Yuk, segera berbelanja dan dapatkan diskon serta promo menarik lainnya!

 

Posting Komentar untuk "Puasa Sebentar Lagi, Ini 9 Stok Bahan Baku Yang Wajib Ada di Warungmu"

banner