Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SBN 101 Series: ORI021 Sudah Bisa Dipesan di Bibit, Cari Tahu Cara Kerja & Keuntungannya di Sini!

 

 

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan meluncurkan Surat Berharga Negara (SBN) ritel pertama tahun ini, yaitu Obligasi Negara Ritel 021 atau ORI021. Kamu bisa memesan ORI021 yang sedang dalam masa penawaran, mulai 24 Januari hingga 17 Februari 2022. ORI021 ditawarkan kepada individu atau perseorangan warga negara Indonesia melalui mitra distribusi (midis), salah satunya melalui aplikasi Bibit. 

 

ORI021 bisa menjadi alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan bagi masyarakat Indonesia. Ini karena ORI021 yang merupakan produk SBN dijamin oleh negara melalui Undang-Undang. Selain itu, kamu juga membantu pembangunan negara dengan berinvestasi ORI021. Pasalnya hasil penerbitan SBN ini akan dimanfaatkan untuk pemenuhan target pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022, termasuk pemulihan dampak pandemi Covid-19. 

 

Tahun ini pemerintah menetapkan kupon atau imbal hasil ORI021 sebesar 4,90% per tahun dengan PPh final atau pajak 10%. Sehingga kupon bersih yang akan kamu terima adalah 4,41% (setelah dikurangi pajak 10%) Kupon akan dibayarkan per tanggal 15 tiap bulannya dengan  jatuh tempo pada 15 Februari 2025. Menarik kan? Jadi kamu bisa mendapatkan passive income tiap bulannya selama 3 tahun ke depan. 

 

Kamu bisa memesan ORI021 dengan minimal Rp 1 juta dan maksimal Rp 2 miliar. Pemesanan dilakukan sebesar kelipatan Rp 1 juta per unit. Jadi kalau kamu membeli seharga Rp 5 juta, maka kamu akan mendapatkan 5 unit. 

 

Biar lebih kebayang, yuk kita coba lihat perhitungan investasi di ORI021. Misalnya nih, kamu membeli ORI021 sebesar Rp 10 juta atau sebanyak 10 unit. Maka berdasarkan perhitungannya tabel yang ada di bawah ini, kamu akan mendapatkan kupon bersih sebesar Rp 36.750 setiap bulannya hingga tanggal jatuh tempo.

Karakteristik ORI021

ORI memiliki karakteristik fixed rate atau kupon tetap yang dibayarkan tiap bulan. Jadi imbal hasil yang akan kamu terima tidak akan berubah selama 3 tahun ke depan. ORI juga bisa kamu perdagangkan (tradable) di pasar sekunder antar investor domestik sebelum jatuh tempo. Makanya ORI memiliki potensi capital gain. Ini karena kamu berpotensi mendapatkan keuntungan apabila ORI dijual di harga yang lebih tinggi di pasar sekunder daripada harga yang kamu beli. 

 

Tapi ingat ya, ORI baru bisa dijual setelah melalui minimum holding period, yaitu 1 kali pembayaran kupon. Dalam hal ini, minimum holding period ORI021 adalah 1 kali pembayaran kupon yang jatuh pada 15 April 2022.

Terus Cara Kerja ORI021 Gimana Sih?

Pertama, kamu bisa membeli ORI021 dalam masa penawaran di 24 Januari sampai 17 Februari 2022. Sebelum membeli, pastikan dulu ya kamu sudah melakukan registrasi akun lewat Aplikasi Bibit yang sudah dipercaya sebagai salah satu mitra distribusi penjualan SBN.

Selanjutnya, Kementerian Keuangan akan mencatat SBN (ORI021) atas nama kamu sebagai investor setelah 1 minggu masa penawaran selesai. Nanti kamu akan mendapatkan surat kepemilikan ORI021 melalui e-mail yang kamu daftarkan. 

Lalu, kamu tinggal menerima kupon setiap bulannya di tanggal 15 hingga jatuh tempo pada 15 Februari 2025. Kuponnya akan langsung masuk ke rekening bank yang sudah kamu daftarkan dan sudah merupakan kupon ORI021 bersih ya, karena sudah dipotong pajak 10%.

Terakhir, saat jatuh tempo di 15 Februari 2025, kamu akan menerima sisa pokok kepemilikan ORI021 dan kupon yang ada ke dalam rekening kamu. 

 

Pahami Keuntungannya!

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan berinvestasi di ORI021 ini, apalagi buat kamu yang masih pemula! Yuk cari tahu keuntungannya:

Dijamin oleh negara. Artinya, pembayaran kupon atau imbal hasil tiap bulan dan pembayaran pokok investasi pada jatuh tempo dijamin oleh negara melalui Undang-Undang. Jadi, keamanan investasimu terjaga banget, nih!

ORI021 memiliki kupon yang lebih tinggi dibandingkan bunga deposito di bank BUMN. 

Proses mudah karena bisa dilakukan secara online.

Memiliki sifat fixed rate, sehingga nilai imbal hasil atau kupon tidak akan berubah. 

Nggak perlu angkat senjata untuk jadi pahlawan negara, karena dengan berinvestasi di ORI021 kamu turut serta dalam pembangunan negara. 


Jadi, makin tertarik kan untuk berinvestasi ORI021 dan ikutan jadi pahlawan negara? Kamu bisa langsung pesan aja di aplikasi Bibit. Karena sekarang Bibit sudah ditunjuk secara resmi oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai mitra distribusi penjualan SBN! Tunggu apa lagi? 

1 komentar untuk "SBN 101 Series: ORI021 Sudah Bisa Dipesan di Bibit, Cari Tahu Cara Kerja & Keuntungannya di Sini!"

banner