Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HP Xiaomi Kalian Terasa Lemot dan Tidak Bergairah? Ini Solusinya

HP Xiaomi Kalian Terasa Lemot

Saat HP Xiaomi terasa lemot atau lambat ketika digunakan, pastinya akan sangat menyebalkan. Namun sebelum lebih jauh, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Ada beberapa penyebab yang menjadikan HP Xiaomi menjadi lemot. Biasanya, penyebab utamanya karena spesifikasi smartphone yang minim.

Hp xiaomi lemot

Setiap tipe smartphone Xiaomi mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut tentunya akan sangat berpengaruh terhadap performa smartphone Xiaomi.

Apalagi untuk HP Xiaomi yang memiliki RAM dengan kapasitas kecil dan masih menggunakan processor jadul yang memiliki performa dibawah standar.

Anda tetap bisa mengoptimalkan performa HP Xiaomi agar tidak lemot, namun Anda tidak bisa membandingkan performanya dengan HP Xiaomi dengan performa tinggi seperti Xiaomi Mi 10 Pro ataupun Xiaomi Mi Note 10 Pro.

Hal ini dikarenakan tentunya akan ada perbedaan performa yang cukup signifikan, seperti jenis processor yang digunakan dan kapasitas RAMnya pun berbeda.

Jika berbicara mengenai HP Xiaomi, ada banyak seri yang berbeda-beda, seperti Redmi, Redmi NOTE, Mi, dan POCO. Xiaomi juga menghadirkan tipe-tipe yang sangat beragam, mulai dari low-end, high-end, dan flagship.

Bagi Anda yang merasa bahwa HP Xiaomi yang Anda gunakan memiliki spesifikasi yang minim atau pas-pasan, Anda dapat mencoba beberapa cara berikut ini agar HP Xiaomi Anda tidak lemot lagi.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot

Saat menggunakan HP Xiaomi, pengguna tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Setiap pengguna ada yang menggunakan HP Xiaomi hanya untuk komunikasi dan aktif di sosial media atau bermain game berat.

Hal pertama kali yang perlu diperhatikan yaitu menyesuaikan spesifikasi smartphone, apakah mumpuni untuk menjalankan aplikasi dan game yang Anda inginkan atau tidak.

Jangan sampai memaksakan smartphone Anda untuk menjalankan aplikasi berat yang akhirnya berujung lemot hingga lag atau macet saat dimainkan.

Untuk mengatasi HP Xiaomi yang lemot, berikut ini beberapa tips mudah yang dapat Anda lakukan:

1. Hapus File yang Tidak Penting

Cara pertama yang dapat Anda lakukan jika HP Xiaomi lemot yaitu dengan menghapus file-file tidak penting yang tersimpan di memori internal. Minimal Anda harus menyisakan memori internal sebesar 2GB agar tidak mengganggu performa smartphone.

Bagi yang memiliki HP Xiaomi dengan kapasitas memori internal 8GB atau 16GB, pastinya sering merasa HP Xiaomi Anda terasa lemot.

Hal ini bisa terjadi karena ruang penyimpanan smartphone yang sudah habis untuk keperluan menyimpan aplikasi, game, ataupun file-file dengan ukuran besar lainnya. Oleh karena itu, lebih baik menghapus file-file tersebut agar HP Xiaomi Anda bisa ngebut lagi.

2. Gunakan MicroSD Class10

Jika HP Xiaomi Anda memiliki slot memori eksternal, jangan ragu untuk menggunakan MicroSD. Hal ini dikarenakan MicroSD dapat digunakan untuk menyimpan foto, video, atau file berukuran besar lainnya sehingga sisa memori internal tetap besar.

Namun jangan sembarangan memilih MicroSD. Anda dapat mencoba untuk menggunakan MicroSD Class10 yang memiliki kecepatan membaca melebihi 80mb/s.

Jika selama ini Anda menganggap bahwa semua MicroSd itu sama, ternyata MicroSD terbagi menjadi beberapa class kecepatan. Untuk yang tertinggi adalah Class 10. Dengan memakai MicroSD Class10, kecepatan membaca file akan terasa lebih cepat. Terlebih untuk aplikasi dan game yang tersimpan di memori eksternal.

3. Hapus Aplikasi atau Game

Selain sebelumnya menghapus file-file yang sudah tidak dibutuhkan, Anda juga perlu untuk menghapus aplikasi atau game yang jarang Anda gunakan. Sayangnya, tidak semua aplikasi di HP Xiaomi dapat dihapus secara langsung, ada beberapa aplikasi bawaan Xiaomi yang dapat dihapus dengan cara yang berbeda.

Aplikasi dan game ini merupakan penyebab utama terjadinya keterlambatan pada HP Xiaomi. Terutama game dengan ukuran ratusan MB hingga GB yang tidak hanya menguras sumber daya RAM, tetapi juga menguras penggunaan memori internal.

Jika Anda ingin menghapus aplikasi, Anda dapat mengikuti petunjuk dibawah ini:

* Buka menu "Setelan" pada HP Xiaomi Anda
* Pilih "Kelola Aplikasi" lalu temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus
* Pilih "Uninstall" kemudian konfirmasi dengan "Oke" untuk menghapus aplikasi

4. Matikan Proses yang Berjalan di Latar Belakang

Cara selanjutnya untuk mengatasi HP Xiaomi yang lemot yaitu dengan membatasi proses yang berjalan di latar belakang melalui "Opsi Pengembang".

Cara ini dapat membantu menghemat penggunaan RAM sebesar 5 hingga 10 persen. Sebelum melakukannya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa dengan membatasi proses yang berjalan di belakang, artinya bisa menghambat notifikasi atau pemberitahuan yang masuk pada smartphone, seperti pesan WhatsApp, panggilan, dan sejenisnya.

Jika Anda ingin mencoba cara ini, ikuti langkah-langkahnya seperti berikut:

  • Buka menu"Setelan" pada HP Xiaomi Anda
  • Pilih "Tentang Telepon", lalu ketuk "Versi MIUI" selama beberapa kali
  • Nanti akan muncul informasi bahwa Anda telah masuk ke "Opsi Pengembang"
  • Setelah mengaktifkan "Opsi Pengembang" Anda dapat mematikan proses yang berjalan di latar belakang dengan ketuk "Setelan", pilih "Setelan Tambahan"
  • Pilih "Opsi Pengembang", lalu ketuk "Batas proses latar belakang"
  • Ganti menjadi "Tidak ada proses latar belakang".

5. Kurangi Penggunaan Widget

HP Xiaomi memiliki dukungan Widget yang sangat beragam. Hal ini menyebabkan pengguna dapat melakukan kustomisasi agar tampilan Home Screen terlihat lebih elegan.

Tetapi pikirkan kembali, apakah Anda benar-benar ingin menggunakan Widget. Hal ini dikarenakan Widget akan selalu aktif dan menguras penggunaan RAM dan baterai. Maka dari itu, jika Anda memasang banyak Widget, sebaiknya kurangi atau hapus, terutama bagi HP Xiaomi dengan spesifikasi minimum.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan Widget, Xiaomi dan berbagai smartphone Android lainnya juga menghadirkan Widget agar dapat membantu pengguna dalam mengakses suatu fitur secara cepat dan mudah.

Namun, jika HP Xiaomi Anda memiliki spesifikasi minimum dan pas-pasan dan sering lemot ketika menjalankan aplikasi, maka sebaiknya Anda tidak perlu menambahkan Widget.

6. Kurangi Penggunaan Animasi dan Live Wallpaper

HP Xiaomi secara bawaan menyediakan aplikasi Wallpaper dan Tema, di mana pengguna bisa mengunduh wallpaper dan tema sesuai dengan keinginan, mulai dari yang gratis sampai premium (berbayar).

Wallpaper dan tema memang banyak yang keren dan modern sehingga membuat pengguna tertarik memasangnya. Namun, penggunaan wallpaper yang dinamis sebaiknya dihindari.

Selain Widget, animasi dan wallpaper juga menggunakan sumber daya RAM dan baterai secara terus menerus. Hal ini selain membuat HP Xiaomi menjadi lemot, hal tersebut juga bisa menyebabkan baterai HP Xiaomi cepat habis dan boros.

Maka dari itu, bagi Anda yang memasang wallpaper dan tema bergerak, sebaiknya dihapus dan ganti dengan tema default Xiaomi.

7. Menghapus Cache

Xiaomi telah menyediakan fitur untuk menghapus cache bernama Cleaner atau Pembersih. Fitur ini nantinya bisa menghapus berkas cache, berkas tak berguna, dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin mengakses fitur ini, dapat dilakukan melalui pintasan yang berada di homescreen HP Xiaomi. Selain itu, Anda juga dapat mengaksesnya melalui aplikasi keamanan, lalu pilih Pembersih. Setelah itu klik "Bersihkan".

8. Menggunakan Aplikasi Pembersih RAM

Cara mengatasi HP Xiaomi lemot selanjutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi pembersih RAM. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan, salah satunya yaitu aplikasi bernama RAM Booster. Aplikasi ini akan menutup aplikasi yang berjalan sehingga sisa RAM tetap banyak.

Sebenarnya, masih ada aplikasi-aplikasi pembersih RAM lainnya. Tetapi pada intinya, Anda harus mengurangi aplikasi yang berjalan di HP Xiaomi agar tidak lemot.

Disarankan juga untuk selalu menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan, sehingga aplikasi tersebut tidak berjalan secara otomatis yang mengakibatkan HP Xiaomi lemot.

9. Update OS Secara Rutin dan Aplikasi yang Terinstall

Selain membersihkan cache dan file-file lainnya, Anda juga perlu memperbarui MIUI dan aplikasi terinstall. Update sistem dan aplikasi ini bertujuan untuk HP Xiaomi selalu mendapatkan fitur, stabilitas, perbaikan, dan peningkatan performa.

Jika Anda ingin memperbarui (update) OS, Anda bisa mengikuti petunjuk sebagai berikut:

  • Buka menu "Setelan" pada HP Xiaomi Anda
  • Pilih "Tentang Ponsel", lalu klik "Pembaruan Sistem"
  • Jika tersedia versi MIUI atau sistem terbaru, Anda dapat melakukan update
  • Tunggu sampai proses update selesai dilakukan
  • Jika sudah selesai, Anda dapat restart HP Xiaomi Anda.

Kemudian, jika Anda ingin memperbarui (update) aplikasi terinstall, caranya adalah sebagai berikut:

  • Pada menu "Setelan" Xiaomi, pilih "Pembaruan Apl Sistem"
  • Jika tersedia pembaruan, tap "Perbarui Semua", lalu konfirmasi dengan "Lanjut"
  • Tunggu sampai proses pembaruan berhasil dilakukan.

10. Restart HP Xiaomi

Jika semua cara sebelumnya masih membuat HP Xiaomi Anda masih terasa lemot dan Anda ingin performa smartphone Anda kembali lagi seperti pada saat pertama kali membelinya, maka Anda dapat mencoba mengembalikan pengaturan HP Xiaomi kembali ke pengaturan pabrik (Reset).

Dengan cara ini, maka semua cache, data, dan semua aplikasi terinstall akan terhapus secara permanen. Reset dapat Anda jadikan pilihan jika HP Xiaomi benar-benar lemot saat digunakan bahkan hang.

Sebelum melakukan Reset, pastikan sudah melakukan backup data ke memori eksternal (MicroSD) atau komputer terlebih dahulu.

Cara restart HP Xiaomi adalah sebagai berikut:

  • Buka menu "Setelan"
  • Kemudian, pilih "Setelan Tambahan"
  • Lalu pilih "Cadangkan dan Setel Ulang"
  • Kemudian, pilih "Reset ke Setelan Pabrik"
  • Terakhir, pilih "Reset Ponsel"

Selain menu setelan, Anda juga bisa melakukan Reset melalui Recovery Mode (Mi Recovery). Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Matikan HP Xiaomi Anda terlebih dahulu
  • Tekan tombol "Power + Volume Up" secara bersamaan selama beberapa detik hingga nantinya muncul logo Xiaomi. Lalu lepaskan
  • Pada menu Mi Recovery, Anda bisa pilih "Wipe Data", kemudian pilih "Wipe All Data"
  • Lanjutkan dengan memilih "Confirm"
  • Tunggu sampai proses reset selesai dilakukan
  • Selanjutnya pilih "Back to main menu"
  • Pilih "Reboot", lalu pilih "Reboot to System".

Dengan menerapkan beberapa cara tersebut, diharapkan HP Xiaomi Anda bisa menjadi lebih ngebut dan lancar ketika digunakan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "HP Xiaomi Kalian Terasa Lemot dan Tidak Bergairah? Ini Solusinya"

banner