Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Google News dengan Mudah

Keperluan info semakin bertambah di zaman digital sekarang ini. Pemakai internet memerlukan akses info yang aktual dan dapat dipercaya. Untuk penuhi keperluan ini, Google mendatangkan service Google News.

Service yang cukup terkenal ini benar-benar berguna bukan hanya untuk beberapa pembaca tetapi juga pemilik web. Bila Anda ingin website Anda diperlihatkan di situs informasi Google News, kenali dahulu cara mendaftar Google News secara benar. Artikel kami ini kali akan kupasnya selengkapnya!

Google News
Halaman depan Google News

Google News: Apa Itu?

Sama dengan namanya, Google News ialah service Google yang konsentrasi pada pengadaan content informasi yang dari beragam web di penjuru dunia, terhitung di Indonesia.

Penampilannya yang memikat dan intuitif mempermudah pembaca saat terhubung bermacam kabar baik lewat computer atau smartphone. Menariknya, service ini dapat dicicipi dengan gratis. Tidaklah aneh bila lebih satu juta pemakai di Google Play telah download Google News.

Pemakai juga tidak diwajibkan login untuk nikmati service ini. Namun, bila memakai account Google saat akses, Anda akan disajikan dengan personalized konten. Maknanya, beberapa berita yang ada akan sesuai kegemaran Anda.

Betul, salah satunya keunggulan Google News dibanding basis lain ialah keringanan untuk pemakai untuk memperoleh informasi berdasar Topik, Lokasi, atau Sumber informasi.

Untuk pemilik website, sanggup memperoleh tempat di Google News ialah sebuah keuntungan.

Pikirkan, jumlah lawatan Google News pada sebuah bulan dapat capai 494 juta di penjuru dunia . Maka, bila Anda sanggup manfaatkan basis ini secara tepat, efeknya akan positif untuk website Anda.

Anda pasti tidak berasumsi Google News cuman untuk media online yang telah terkenal saja, kan? Pas sekali. Website informasi biasa bisa juga daftar ke Google News kok. Maknanya, content informasi Anda juga menjadi informasi khusus bila memang menarik dan pantas dipublikasi.

Faedah Daftar Google News

Google News tawarkan beragam faedah untuk pemilik website saat sukses jadi sisi dari service ini.

Apa faedahnya? Silahkan kita kupas satu-satu.

1. Lebih Gampang Masuk ke Halaman Pertama Mesin Pencarian

Bila Anda mempunyai content informasi yang unik dan berkualitas, Google News tidak enggan untuk meletakkannya dalam perincian Informasi Khusus. Dengan keadaan ini, Google pasti memandang web Anda pun pantas ada di status paling atas mesin perayap. Sebagai contoh, saat kita mengetikan "sandiaga" di Google, informasi dari CNBC Indonesia ada disitu.

Sama seperti yang Anda kenali, memperoleh status paling atas bukan hal gampang. Anda harus terus lakukan optimisasi mesin perayap atau SEO. Tetapi, dengan manfaatkan Google News dengan optimal, status paling atas Google bukan hal yang tidak mungkin.


2. Pertambahan Jumlah Pengunjung

Makin gampang content Anda diketemukan, makin kemungkinan besar website Anda didatangi. Tidak itu saja, pengunjung website Anda dapat ditegaskan datang dari trafik yang berkualitas.


Mengapa dapat begitu? Feature personalized konten berperanan besar dalam masalah ini. Pemakai yang berkunjung website Anda akan berasa suka jika topik yang Anda punyai berkaitan dengan yang mereka perlukan.


3. Sebagai Media Branding Yang Efisien

Bila website Anda tawarkan content yang baik, efeknya akan positif. Selainnya pengunjung akan kerap tiba ke website Anda kembali, Anda akan dipandang pakar di bagian itu. Ini akan menolong Anda membuat merek untuk web Anda.


Sebagai contoh, Techcrunch ialah web yang fokus pada informasi teknologi. Semua tipe informasi teknologi dimulai dari pembahasan start-up, program desktop dan mobile, sampai ke gelaran teknologi tahunan diperlihatkan secara baik.


Bila Anda fans otomotif, bisa jadi apa yang sudah dilakukan oleh Iwan Banaran menjadi ide Anda.


4. Berkesempatan Memperoleh Banyak Back-link

Back-link ialah link dalam suatu web yang ke arah web lain. Sebagai blogger, Anda pasti pahami jika peranan back-link dalam mengangkat integritas website Anda besar sekali.


Saat content Anda direferensikan oleh Google News, content Anda bisa menjadi rekomendasi terupdate mengenai satu topik. Bila blogger lain memerlukan rekomendasi simpatisan, pasti mereka akan memakai sumber yang paling dipercaya. Bisa saja sumber itu ialah content website Anda.


5. Tidak Perlu Keluarkan Ongkos Untuk Iklan

Manfaatkan iklan untuk mempromokan sebuah website ialah hal yang lumrah. Tetapi, bila Anda dapat memperoleh hasil yang serupa tanpa keluarkan dana, pasti lebih bagus.

Google News mempunyai potensi datangkan organic trafik ke website Anda. Organic trafik ialah lawatan yang dari mesin perayap dan Anda tak perlu keluarkan serupiahpun untuk ini.


Persyaratan Daftar ke Google News

Supaya bisa memperoleh semua faedah dari Google News, Anda perlu tergabung ke service ini lebih dulu. Pada umumnya, Anda perlu lakukan dua hal: mendaftar website Anda dan penuhi persyaratan yang sudah ditetapkan. Lumayan gampang, kan?


Saat sebelum kita mengambil langkah ke cara mendaftar website ke Google News, silahkan dalami ketentuannya lebih dulu ya.


1. Bikinlah Website Informasi

Mempunyai content informasi saja kurang cukup, Anda harus membuat suatu website informasi. Ini akan menolong saat punya niat mendaftarkannya ke Google News.

Harus diingat, proses penyeleksian sesudah Anda mendaftarkan dilaksanakan manual oleh faksi Google. Mereka akan pastikan website Anda sesuai arah service mereka: sediakan informasi terkini dan penting.

Maka bila arah Anda memperoleh tempat di Google News, daftarkanlah website Anda dengan content informasi, apa saja niche atau tipe informasi sebagai topik khusus Anda.

Tidak boleh cemas dahulu. Membuat website informasi tidak terlampau susah. Bila Anda ingin membuat web informasi secara mudah dan cepat, kami mempunyai tutorial selengkapnya untuk Anda.


2. Buat Content Berkualitas

Mempunyai content berkualitas ialah kunci dari rangking paling atas mesin perayap. Ketetapan yang serupa berlaku di service Google News. Apa content berkualitas yang diartikan?

Tidak Menyontek Content Orang Lain

Selalu buat content Anda sendiri. Mempunyai content yang unik ialah kunci keberhasilan sebuah website. Anda dapat lakukan riset sendiri mengenai satu informasi yang ingin Anda tulis. Meskipun Anda dapat kadang-kadang mengeluarkan informasi yang dari faksi lain, yakinkan selalu tuliskan dengan style Anda sendiri. Dengan begitu, Google News akan memandang content Anda ialah sebuah content informasi baru.


Konsentrasi ke Salah Satu Tipe Informasi

Selainnya tidak bersatu dengan content lain, website Sebaiknya anda cuman membahas salah satunya tipe informasi saja. Misalkan mengenai informasi tehnologi atau gawai (handphone). Ini akan mempermudah pengunjung pahami website. Disamping itu, Google News akan secara mudah mengategorikan website Anda itu. Bahkan juga bila Anda sanggup membuat informasi yang dalam (in-depth news), kesempatan jadi informasi khusus semakin besar.

Selalu Terupdate

Website informasi menuntut Anda untuk mengeluarkan content setiap hari. Ini pasti sesuai ciri-ciri informasi yang bahkan juga menuntut penerbitan lebih satu topik tiap hari dan selalu terupdate.

Bila Anda berasa kesusahan melakukan seorang diri, Anda dapat memakai beberapa penulis untuk menulis artikel berlainan untuk diedarkan pada hari yang serupa. Berikut yang kerap dilaksanakan oleh web informasi lain, minimal sebagai langkah pertama saat mendaftarkan Google News.


Bukan Content Yang Dilarang

Mempunyai content unik tidak berarti Anda dapat menulis informasi dengan topik apa. Google News sendiri telah tentukan jika content informasi yang tampilkan content kekerasan, kedengkian dan content seksual atau content yang berkaitan pelanggaran hak cipta benar-benar dilarang.


Bila website Anda berkaitan dengan beberapa konten itu, Google News akan menampik registrasi yang Anda kerjakan.


3. Lihat Susunan Website Anda

Berkaitan dengan factor tehnis web Anda, Google News semakin lebih cepat terima registrasi website Anda bila ikuti ketetapan seperti berikut:


Pakai URL Yang Unik dan Tidak Berbeda

Google News secara jelas mengatakan jika URL content Anda selalu berbeda, website Anda tidak ditempatkan ke Google News. Argumennya, mesin crawl Google yang bekerja mengetahui content informasi tidak dapat bekerja yang baik di keadaan itu.

Suguhkan Penampilan Yang Menarik Dan Responsive

Mempunyai penampilan website yang memikat baik di desktop atau mobile sangat penting. Google News mengutamakan website yang penuhi persyaratan ini untuk tingkatkan kenyamanan pemakai.

Tetapi, harus diingat jika website Sebaiknya anda tidak banyak memakai dampak dengan JavaScript. Seperti tutorial yang Google beri, website dengan code pemrograman yang simpel lebih diprioritaskan.


Pakai Navigasi Yang Gampang

Bila website Anda mempunyai beberapa halaman khusus, yakinkan untuk berpindah dari 1 halaman ke halaman lain gampang dilaksanakan. Navigasi di website Anda sebagai salah satunya factor pada proses penyeleksian/kurasi di Google News.

4. Terangkan Identitas Website Anda Dengan Baik

Info website Anda penting untuk tingkatan klarifikasi. Sesaat akan registrasi yakinkan penulisan website Anda sudah tepat. Disamping itu, halaman About Page Anda harus sanggup menerangkan identitas website Anda secara baik.

Selanjutnya, bila Anda memakai beberapa kontribusi atau penulis content informasi di website Anda, profile mereka harus disebut secara jelas. Bukan hanya nama saja mereka, Anda dapat tampilkan photo mereka dan sepintas background karier mereka.

Google News memberikan Anda peluang untuk lakukan revisi bila ada kekeliruan penulisan sesudah tercatat. Tetapi, melakukan secara benar semenjak awalnya ialah cara yang arif.

Berikut Langkah Daftar Website ke Google News

Sesudah beberapa persyaratan di atas telah Anda penuhi, cara setelah itu mendaftarkan ke Google News.

Berikut ialah cara mendaftar Google News:


1. Masuk dengan Account Google

Silahkan masuk ke halaman ini dan login memakai account Google Anda.


2. Klarifikasi Pemilikan Web

Bila awalnya Anda tidak pernah lakukan klarifikasi pemilikan web Anda, Anda akan disuruh melakukan lebih dulu memakai Google Search Console. Tutorial selengkapnya dapat Anda di link ini. Harus diingat, karena Google News mempunyai mesin crawler sendiri, yakinkan Anda menambah xml sitemap website informasi Anda pun. Maksudnya, membuat Google News selalu up-date pada peralihan yang terjadi di website Anda.


3. Masuk ke Google News Penerbit/publisher Center

Anda akan menyaksikan penampilan berikut di bawah ini bila akan lakukan registrasi ke Google News pertama kalinya.


4. Menambah Website Anda

Silahkan menambah website Anda pada opsi "Want to suggest a web for Google News? Klik here." Anda akan menyaksikan halaman keinginan registrasi ke Google News seperti penampilan berikut ini:


5. Mengisikan Info Mengenai Website Anda

Informasi-informasi akan disuruh untuk proses kurasi oleh faksi Google. Silahkan isi info yang disuruh secara benar.


General Information

• About your news site: Detil info mengenai website informasi yang Anda daftarkan

Site Information

• Source URL: Alamat website informasi Anda.

• Source Name: Nama website Anda.

• Site Language: bahasa yang dipakai di website dan content informasi Anda. Ingat, Google News tidak memperbolehkan pemakaian lebih satu bahasa.

• City, State/Province dan Region: Alamat komplet            Anda.

Select All Categories that Apply to the Konten of Your Site

• Penilaianon konten: bila publisitas Anda mengenai content penilaian

• Pemakai generated konten: bila content bikinan pemakai sudah lewat proses koreksi di website Anda

• Website: contreng pilihan ini

• Press release: bila Anda pun mengeluarkan tayangan jurnalis

• Satire: bila web Anda bertopik satire

• URL: Nama domain atau beberapa subdomain yang ingin Anda tambah

• Labels: tipe informasi yang Anda hadirkan


6. Selesai

Sesudah data terisi secara benar, click Submit.


7. Menanti Ulasan Google

Proses seterusnya berbentuk ulasan yang hendak dilaksanakan oleh team Google sepanjang satu sampai tiga minggu. Selama semua persyaratan makan akan berjalan baik.


Siap Daftar Google News?

Demikian cara mendaftar Google News untuk website Anda. Gampang, kan? Anda perlu penuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk tergabung. Seterusnya, teruskan dengan registrasi dan isi informasi-informasi yang Google butuhkan.


Bila content informasi website Anda sukses diperlihatkan di Google News, peluang menempati status paling atas di mesin perayap lebar terbuka. Disamping itu, kenaikan jumlah pengunjung website Anda tinggal menanti waktu. Dan yang tidak kalah penting, Anda dapat membuat citra merek yang bagus untuk website Anda dengan arah periode panjang.


Mudah-mudahan artikel ini menolong membuat website Anda makin populer. 

Posting Komentar untuk "Cara Daftar Google News dengan Mudah"

banner